Kelebihan Kekurangan Mobil Matic dan Manual


  30-09-2016

toyotasolo.co.id - Mobil Matic atau Manual? Pasti anda masih bingung kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Oleh karena itu kami akan mengulas kedua transmisi ini, jika dahulu kita mengenal mobil dengan sistem transmisi (perpindahan gigi) dilakukan secara manual menggunakan pedal kopling dan tuas kopling maka pada 20 tahun terakhir sistem perpindahan gigi (gear box) pada mobil telah diperbarui dengan adanya sistem transmisi otomatis atau dikenal dengan mobil matic.

Ini sebenarnya memang bukanlah pembahasan baru ketika memilih mobil. Keduanya mempunyai daya tarik masing – masing. Bisa jadi kamu yang seorang perempuan cenderung hendak memilih mobil transmisi otomatis. Alasannya klasik: tak ribet. Tak butuh pusing – pusing pindah gigi memang. Tetapi terkadang cuma faktor tersebut saja yang membikin kamu memilih transmisi otomatis dan juga sama satu kali tak melirik mobil dengan transmisi manual. Padahal mobil matic pun mempunyai kekurangan, begitupun dengan mobil transmisi manual.

Transmisi Manual VS Transmisi Matic

Kelebihan Transmisi Matic :
Faktor kenyamanan dalam mengendara transmisi matic lebih unggul karena memberikan kemudahan pada pengemudi dalam melakukan pergantian gigi. Khususnya di jalan kota yang rawan macet, dengan mobil transmisi Matic akan memudahkan pengemudi tanpa harus menekan kopling ketika pergantian gigi. Bagi anda yang baru belajar mengemudi tentunya akan sangat mudah menggunakan Transmisi matic tanpa harus repot-repot menyeimbangkan pedal gas dan pedal kopling.

Baca juga : Tips Merawat Mesin Mobil

Kekurangan Transmisi Matic.
Konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros dan minim akselerasi menjadi masalah tersendiri untuk mobil bertransmisi matic. Menggunakan transmisi matic artinya perlu biaya ekstra dalam melakukan perawatan gearbox. Rata-rata nilai jual bekas mobil matic cenderung turun drastis.

Kelebihan Transmisi Manual.
“Real Driver uses Three Pedals” istilah ini mungkin menggambarkan bahwa menggunakan mobil transmisi manual  adalah pengemudi yang sesungguhnya. Transmisi Manual menghasilkan akselerasi yang spontan ketika melakukan perpindahan gigi menghadirkan sensasi berkendara yang membuat andrenalin anda memuncak. Transmisi manual sangat handal untuk jalanan yang berbatu dan menanjak. Dari sisi perawatan dan konsumsi bahan bakar tentu saja lebih rendah biayanya dibanding dengan matic.

Kekurangan Transmisi Manual.
Anda bisa membayangkan jika anda terjebak kemacetan panjang lalu setiap kali harus mengganti gigi 1 dan 2 sambil menginjak pedal kopling, betapa pegal dan frustasinya anda saat itu. Hal tersebut merupakan salah satu kekurangan dari transmisi manual yang menjengkelkan untuk anda.

Bagaimana? apakah anda sudah bisa menentukan pilihan anda dan memilah  kelebihan kekurangan mobil matic dan manual. Dalam menentukan pilihan anda apakah transmisi matic atau manual, baiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan medan jalanan yang akan hadapi dalam mengemudi. Pertimbangkan biaya yang akan anda keluarkan untuk perawatan apakah sebanding dengan kenyamanan yang akan anda peroleh dari transmisi pilihan anda

Informasi Pembelian Mobil Baru Toyota di Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sragen dan Karanganyar. Anda dapat menghubungi Marketing Dealer Resmi Toyota Nasmoco - Slamet Riyadi, WAHYU NUGROHO / INUG di Telepon
Telkomsel: 08113955543 / WA: 08179455543
XL: 08179455543
BBM: 53FAAC4C


Tinggalkan Komentar Anda

 Masukkan captcha :