Tips Mudah Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula


  04-10-2016

toyotasolo.co.id - Betapa pentingnya mengasah kemampuan mengemudi apalagi bagi anda yang dihadapkan dengan aktivitas yang cukup padat sehingga memaksa anda harus beraksi dengan cepat.

Tidak pernah ada yang tahu jika sewaktu waktu anda dihadapkan dengan situasi yang mendesak dan ketika sopir pribadi anda berhalangan menemani anda tentunya yang memiliki driver pribadi bukan? Oleh sebab itu, betapa pentingnya belajar
mengemudi khususnya bagi anda yang memiliki mobil pribadi.

Banyak manfaat jika anda dapat menyopir sendiri mobil pribadi anda ‘bisa pergi semau-mau gue’ bersama keluarga,kerabat,teman ataupun pacar’ dapat pula untuk menunjang urusan pekerjaan.

Untuk memulai cara belajar menyetir mobil sebenarnya cukup simpel apalagi bagi anda yang sudah akrap dengan jenis motor sport atau sejenisnya dalam hal ini yang memakai kopling
tangan. Nah dari situ anda sudah dapat mengetahui bagaimana sistem atau cara kerja pada kendaraan roda empat. Berarti anda tinggal mengasah ketrampilan menguasai lintasan.

Lalu bagi anda yang memang awam dan ingin belajar menyetir mobil dari nol, berikut toyotasolo akan ulas Kiat Kiat & Cara Belajar Menyetir Mobil Bagi Pemula

  • Belajar dengan mobil sendiri. Perasaan nyaman dan tenang akan tercipta jika anda belajar dengan mobil milik sendiri.
  • Disarankan untuk memilih jalanan sepi dan bebas dari anak anak bermain. Anda tidak perlu pergi jauh hanya untuk belajar mobil, cukup di sekitar rumah saja dan pilih jam jam sepi ( misalnya siang hari saat yang lain pergi ke kantor dan anak anak pada sekolah ). Jangan memilih hari minggu / hari libur karena biasanya cukup ramai.
  • Belajar dengan serius dengan ketenangan dan kesabaran penuh.
  • Ada baiknya ditemani oleh istri / suami / saudara saat mulai belajar mengemudi mobil.

Setelah anda memilih waktu dan hari yang tepat ( saat libur ) yuk mulai belajar mengemudi mobil di hari pertama dengan langkah ringan dan santai.

Latihan mengemudi hari pertama

  • Karena mobil milik sendiri tentunya anda sudah hapal letak semua perangkat yang diperlukan, seperti pedal gas ( paling kanan ), pedal kopling ( paling kiri ), dan pedal rem ( tengah ) untuk kendaraan transmisi manual. Sedangkan pada mobil matic hanya ada pedal rem ( kiri ) dan pedal gas ( kanan ).
  • Pelajari juga sistem transmisinya ( perpindahan gigi percepatan ). Pada mobil transmisi manual di bagian ujungnya ada angka : 1, 2, 3, 4, 5, dan R ( gigi mundur ), sedang pada mobil matic ada : P ( parkir ), R ( mundur ), N ( netral ), D ( otomatis ), L1, L2, dan L3. Khusus untuk mobil matic sebaiknya hanya gunakan gigi D saja untuk maju dan R untuk mundur.
  • Sedangkan perangkat kendaraan yang lain lupakan saja karena untuk sementara belum diperlukan, yang penting sekarang semua hal yang berhubungan dengan maju dan mundur mobil saja.
  • Saat duduk di belakang kemudi, maka langkah pertama adalah sesuaikan posisi jok ( kursi ) dengan injakan kaki anda, jadi jangan terlalu maju ataupun terlalu jauh.
  • Coba pegang dan mainkan ( mesin mati ) pedal gas, pedal kopling, pedal rem, dan perpindahan gigi. Saat pindah gigi transmisi tentunya dibarengi dengan injakan pedal kopling. Perhatikan juga letak rem tangan. Paling tidak 5 hingga 10 menit untuk mencoba coba ini.
  • Selanjutnya hidupkan mesin dan jangan di gas. Biarkan mesin hidup langsam beberapa saat untuk pelumasan logam logam di mesin mobil anda.
  • Selalu posisikan kedua tangan di kemudi, kaki kanan di pedal gas ( jangan di injak ), dan kaki kiri di pedal kopling.
  • Lihat sekeliling anda terutama di depan, dan mulai jalankan mobil anda secara perlahan. Caranya injak kuat kopling, pindah ke gigi 1, dan lepas kopling secara perlahan. Maka kendaraan akan bergerak maju secara perlahan. Mobil mobil keluaran terbaru tanpa injak gas pada gigi 1 akan bergerak secara perlahan. Biarkan mobil bergerak maju secara perlahan sambil mengamati pandangan ke depan. Pada tahap awal ada baiknya belajar maju dan mundur dahulu.
  • Pada hari pertama yang paling penting yakni pengenalan terhadap kendaraan anda. Meskipun hanya maju dan mundur namun anda akan secara reflek mengetahui pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem maupun letak tuas gigi transmisi walaupun tanpa melihatnya.

Latihan mengemudi hari kedua

  • Kemahiran menjalankan mobil maju mundur telah anda miliki, sekarang mulailah dengan mengemudi mengelilingi daerah sekitar anda paling dekat ( mengitari lingkungan rumah anda ). Jangan lupa tetap memilih jam jam sepi di perumahan anda.
  • Pada hari kedua ini mulailah dengan menyalakan lampu sein saat belok ke kiri maupun ke kanan. Sebaiknya gunakan gigi 1 hanya sebentar dan langsung ke gigi 2.
  • Saat jalan lurus dapat juga pindah ( oper ) ke gigi dua meskipun laju mobil anda tetap pelan ( max 20 km/jam ).
  • Teruslah berlatih hingga kaki dan tangan anda benar benar santai dan tidak tegang. Ketegangan hanya akan merugikan.

Latihan mengemudi hari ketiga

  • Seperti pada latihan hari kedua namun dengan daerah lebih luas, meskipun masih di sekitar lingkungan perumahan di mana anda tinggal.
  • Cobalah juga belajar pada malam hari supaya anda lebih paham dengan aksesoris dan peralatan saat berkendara pada malam hari.
  • Sekarang anda tentunya lebih tenang dan percaya diri. Dan tetap dengan seorang teman di samping anda.
Informasi Pembelian Mobil Baru Toyota di Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sragen dan Karanganyar. Anda dapat menghubungi Marketing Dealer Resmi Toyota Nasmoco - Slamet Riyadi, WAHYU NUGROHO / INUG di Telepon
Telkomsel: 08113955543 / WA: 08179455543
XL: 08179455543
BBM: 53FAAC4C


Tinggalkan Komentar Anda

 Masukkan captcha :